Alasan Mengapa MOBA Game Dota 2 Tak bisa Dibandingkan dengan Mobile Legends

Dota 2 adalah Game PC jenis atau genre Moba paling populer sepanjang tahun. Namun, ketika game yang dibesut berbasis smartphone muncul, kepopulerannya mulai redup. Nah, salah satunya yang terus dimainkan oleh khususnya masyarakat di Indonesia dari usia anak-anak hingga orang dewasa adalah Mobile Legends buatan Moonton dan menjadi game moba nomor satu platform mobile hingga saat ini.

Seiring Waktu, banyak orang yang membandingkan kedua permainan tersebut dikarenakan bergenre MOBA. Apalagi diketahui keduanya mempunyai basis komunitas besar dan juga sangat fanatic para pemainnya. Namun, faktanya Dota 2 dan Mobile Legends tidak bisa dibandingkan melalui satu pemikiran saja atau sudut pandang saja.

Ada beberapa alasan penting mengapa orang lebih memilih game moba Mobile Legends saat ini, yaitu mengenai persyaratan minimum untuk bisa bermain Dota 2. Karena agar dapat memainkan Game moba ini anda butuh PC dengan spesifikasi yang cukup dan bahkan harganya bisa melebihi 1 buah smartphone kelas mid. Sedangkan game Mobile Legends langsung bisa dimainkan secara mobile via smartphone dengan spesifikasi kelas menengah. Berikut 6 alasan mengapa sebaiknya tidak membandingkan lagi kedua game moba ini, sebab perbandingannya tidak sama alias tidak poin to poin. Berikut ini alasannya!

1. Platform Game Tidak Sama

Perbedaan dari kedua Game Moba ini terletak pada platform ketika memainkannya. Dota 2 hanya bisa dimainkan melalui PC dan membutuhkan spesifikasi menengah keatas supaya performanya maksimal. Mobile Legends dibuat untuk perangkat mobile.

Perbedaan yang mendasar inilah membuat keduanya berada pada basis area yang berbeda. Jadi, tidaklah berimbang bila membandingkan antara Mobile Legends dengan Dota 2.

2. Mekanisme Permainan Berbeda

Melanjutkan poin sebelumnya yang ada akhirnya berujung pada alasan kedua, yaitu perbedaan mekanisme atau platform permainan. Perbedaannya pasti adalah cara untuk memainkannya tidaklah sama. Tidak diragukan lagi kalau Dota 2 jauh lebih sulit ketika dimainkan ketimbang Mobile Legends yang lebih mudah. Dapat dipastikan mekanisme kedua game ini tidak berimbang.

Bermain menggunakan mouse dan keyboard pada Dota 2 pada control mengendalikannya tidak sederhana atau simple disbanding melalui layar sentuh ponsel dalam game Mobile Legends. Kontrol dari permainan Game Dota 2 lebih kompleks bahkan bukan jenis game permainan yang bisa mobile. Berbeda dengan Mobile Legends, dimana ketika sedang menaiki kendaraan umum ataupun menunggu di peron kereta, anda bisa memainkannya. Mengenai mekanisme yang dimaksud ialah mencakup aturan main, jenis item, setting pengaturan, dan lain-lain.

3. Muncul di Era yang Berbeda

Game Dota 2 sudah lebih dulu terkenal dari tahun 2010-an dari game Warcraft III Frozen Throne mod. Penggemarnya lebih banyak para pemain lama, dan sudah bermain sejak era Dota pertama. Sedangkan Game ML atau Mobile Legends muncul di tahun 2017, dimana jaraknya terpaut jauh dari Dota 2.

Segmentasi pemainnya dipastikan tidak sama, Mobile Legends hingga detik ini banyak dimainkan oleh anak-anak. Karena gamenya sangat mudah dan bisa akses dari smartphone yang sudah biasa dipunyai. Sedangkan Dota 2 lebih sering dimainkan oleh para remaja hingga dewasa, dan membutuhkan perangkat khusus yang tidak murah seperti PC hingga Laptop.

4. Tingkat Penguasaan dan Kemahiran Game Berbeda

Banyak sekali pernyataan muncul dimana para pemain Dota 2 lebih gampang dalam menguasai Mobile Legends. Sebaliknya, pemain yang telah mahir di Mobile Legends, belum tentu langsung terbiasa dengan tipe serta gaya bermain di Dota 2. Peralihan dari Dota 2 ke Mobile Legends sangat jauh lebih mudah. Hal ini terkait penguasaan hero atau karakter dari Dota 2 yang lebih rumit pada tombol-tombol keyboard ketika bermain. Lalu untuk durasi permainan, game Mobile Legends hingga selesai raWaktu 10 hingga 20 menit saja, dan sebaliknya 2 bisa memakan Waktu hingga 1 jam bahkan lebih.

5. Tingkat Popularitas Berbeda

Sejak kepopulerannya melejit, turnamen internasional yang diadakan Mobile Legends sangat sering diadakan. Walaupun hanya ada di wilayah-wilayah tertentu saja, terutama di negara-negara Asia, walaupun ada turnamen MLBB yang lebih besar jangkauannya. Berbeda dengan popularitas dari Dota 2 diketahui lebih merata hingga seluruh dunia dengan skala turnamen lebih besar dan total hadiahnya yang selalu fantastis hingga memecahkan rekor.

Nah, itulah pembahasan 5 alasan mengapa kita tidak lagi membandingkan MOBA Game Dota 2 dengan Mobile Legends dari sekarang. Sebab dari masing-masing game mempunyai keunikannya sendiri dan tidak dapat dinilai dari satu sudut pandang. Jelasnya, disini terlihat bahwa Valve dan Moonton terus bekerja mengembangkan ekosistem game buatannya masing-masing.