Kategori
Uncategorized

Mengenal Jalur Gaza Lokasi yang Lekat dengan Konflik Israel-Palestina

Mengenal Jalur Gaza Lokasi yang Lekat dengan Konflik Israel-Palestina

Konflik yang memanas. antara Israel. dengan Palestina. dalam beberapa pekan terakhir, kembali membuat Jalur. Gaza. ramai diperbincangkan.

Selain dikenal sebagai tempat yang lekat hubungannya dengan konflik Israel-Palestina, apa sebenarnya Jalur Gaza. dan bagaimana tempat yang dulunya hanya bernama Gaza. itu bisa berubah nama? Berikut penjelasannya. kporterfield.com

Awalnya bernama Gaza

Jalur Gaza. yang menyebut. sebagai “Qiṭāʿ Ghazzah” dalam Bahasa. Arab dan Reẓu.ʿat ʿAzza. dalam Bahasa. Ibrani, ternyata dulunya sebuah wilayah. yang hanya. bernama Gaza. Wilayah ini. berubah nama setelah. Israel menduduki. Palestina selama. beberapa dekade, sebagaimana. melaporkan. TRT World.

Wilayah dengan. panjang. hanya 41. kilometer. dan lebar. antara 6. hingga 12 kilometer. ini adalah sebuah. kota. yang terkepung, dan merupakan. salah satu. tempat paling. miskin. yang berada dunia. Ini juga. merupakan kota. terpadat ketiga. pada dunia, karena lebih. dari dua juta. orang Palestina. terpaksa tinggal. oleh area. seluas 362. kilometer. persegi tersebut, akibat konflik. dengan Israel.

Mengenal Jalur Gaza Lokasi yang Lekat dengan Konflik Israel-Palestina kaypacha.ca

Dulunya wilayah yang makmur

Sebagai sebuah wilayah, Gaza memiliki gelar salah satu kota tertua yang berada pada Timur Tengah, dengan setidaknya 4.000 tahun sejarah. Pada bawah Kekaisaran Romawi, Gaza adalah kota pesisir yang sukses dan kaya akan keanekaragaman yang dipimpin oleh Senat 500 orang.

Wilayah ini. telah menerima hibah. beberapa kaisar. yang berbeda. Berabad-abad kemudian, pada bawah Mamluk, seorang dinasti Muslim, kota ini menjadi modal provinsi. yang mencakup wilayah Semenanjung Sinai Mesir ke Kaisarea, sebuah kota sekarang pada utara Israel.

Di bawah Ottoman, negara sekarang menyebut Turki, kota mengalami zaman keemasan. Ini terjadi pada abad keenam belas, ketika Kekaisaran Ottoman menaklukkan sebagian besar Timur Tengah, Mesir ke Suriah, Lebanon dan Palestina pada waktu itu.

Kini jadi. tempat penampungan. pengungsi Palestina

Sejak perang 1948, ketika pertempuran besar-besaran pecah antara Israel dan negara-negara tetangga Arab, banyak warga Palestina mempaksa keluar dari negara mereka. Perang itu akhirnya menjadi bencana bersejarah bagi kamp Arab. Puluhan ribu pengungsi mempindahkan ke Gaza.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *