Kategori
Uncategorized

Pijakan Politik AS di Timur Tengah hingga Selalu Setia Dukung Israel

Pijakan Politik AS di Timur Tengah hingga Selalu Setia Dukung Israel

Sudah menjadi rahasia umum bagi dunia bahwa Amerika Serikat (AS) dan Israel memiliki hubungan yang dekat. Hal tersebut terlihat dari campur tangan Amerika selama ini, dalam mendukung kemerdekaan Israel.

Hal itu semakin terlihat saat Amerika dipimpin oleh Donald Trump, yang bahkan mengakui bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel. Meski kebijakan Trump itu telah menjadi kecaman dunia internasional, belum ada tanda-tanda bahwa AS akan mengubah arah kebijakannya dalam menyikapi konflik Israel-Palestina. kporterfield.com

Lalu, apa sebenarnya yang menjadi alasan AS untuk selalu mendukung Israel, tidak peduli siapa pun presidennya? Simak ulasannya berikut ini.

Pengaruh politik Amerika di Timur Tengah

Duta Besar Indonesia di Lebanon, Hajriyanto Y Thohari menyebut ada lima landasan berpijak politik Amerika Serikat di Timur Tengah. “Itu platform politik Amerika di Timur Tengah, khususnya di Arab, lebih khusus lagi di Israel dan Palestina.”

“Ya, mungkin saya bisa menyebutnya sebagai “Pancasila” politik Amerika di Timur Tengah,” ujar Hajriyanto dalam program Ambassador’s Talk by IDN Times, Selasa (18/5/2021).

Dia menyebut landasan pertama adalah terjaminnya akses Amerika Serikat terhadap minyak. Kedua, perlindungan terhadap keamanan Israel. Lalu, perlindungan kepada rezim-rezim Arab yang menjadi aliansi utama AS. werbesongs.tv

Tak hanya itu, landasan lainnya adalah soal terjaminnya pangkalan militer Amerika di Timur Tengah. Lalu yang terakhir adalah pencegahan dan pemberantasan terhadap terorisme Islam. “Ini merupakan tambahan pascaterjadinya tragedi 9/11,” imbunya.

Siapa pun pemimpinnya, 5 hal itu tetap jadi landasan kebijakan politik AS

Kelima landasan tersebut, menurut Hajriyanto, tidak bisa bergeser dan merupakan satu kesatuan. Siapa pun presiden yang menjabat di AS, kebijakannya tidak ada bergeser dari landasan tersebut.

“Yang membedakan hanya dinyatakan secara eksplisit atau tidak. Dalam hal ini Presiden Trump sangat eksplisit,” tuturnya.

Sebelum berdirinya Israel, kata dia, Amerika adalah sahabat negara-negara Arab. Amerika dahulu pendukung kemerdekaan negara-negara Arab dari penjajahan kolonialisme barat. Pijakan Politik AS di Timur Tengah hingga Selalu Setia Dukung Israel

Biden yang diharapkan membawa kedamaian Palestina ternyata antiklimaks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *